Latest News

Tuesday, November 15, 2016

Serangga Ini Terlihat Tidak Berbahaya, Padahal Gigitannya Bisa Membunuhmu

KutuKupred - Di luar sana banyak sekali hewan-hewan berbahaya yang mungkin kita sudah tahu seberapa bahaya mereka. Akan tetapi justru itu bisa membuat kita jadi lebih berhati-hati untuk tetap menjaga jarak dengan mereka. Benar kan?

Namun apa jadinya jika kita bertemu dengan hewan yang menurut kita sama sekali tidak terlihat berbahaya dan tentu kita tidak akan pernah takut untuk mendekati mereka. Ambil saja contoh serangga Triatominae atau yang sering kita sebut sebagai serangga kissing bug. Ah masih terlalu sulit dipahami ya? Katakan saja itu adalah serangga penghisap darah. (Baca juga: Ular Berkepala Dua ini Terjual Hingga 600 Juta Lebih)

Penampilan serangga ini benar-benar tidak tampak seperti serangga berbahaya seperti yang lainnya. Namun jangan salah, kalau serangga ini sebenarnya bisa menularkan penyakit mematikan yang sulit sekali terdeteksi sampai terlambat, baru bisa diketahui.

Kissing bug dapat kalian temukan di seluruh penjuru Amerika, namun ada beberapa spesies yang ternyata hidup di Asia, Afrika dan juga Australia. Serangga ini biasanya senang sekali hidup di kandang ayam, di kurungan anjing, di bawah batu dan juga di bawah tumpukan semen.

serangga penghisap darah
Sumber gambar : Wikimedia Commons

Setelah mereka menetas dari telur, mereka akan tumbuh dalam lima tahap perkembangan sebelum the kissing bug ini benar-benar tumbuh menjadi serangga dewasa dan sangat mematikan.

serangga penghisap darah
Sumber gambar : Wikipedia


Serangga ini memakan darah hewan dan bahkan manusia jika mereka kebetulan bersentuhan.

serangga penghisap darah
Sumber gambar : Wikipedia


Sebelum mengisap darah, mereka mengirimkan kotoran pada kulit dan kemudian menggigit. Itu artinya mereka telah mentransmisikan parasit yang disebut Trypanosoma cruzi, yang bisa menyebabkan penyakit Chagas.

serangga penghisap darah
Sumber gambar : Wikimedia Commons


Sayangnya, semua korban tidak selalu tahu bahwa mereka memiliki penyakit berbahaya sampai mereka terlambat untuk mengobatinya dan kemudian mati, sebagai gejala awal biasanya korban hanya merasa seperti terkena flu. Jadi sangat wajar, jika kemudian serangga ini dikenal dengan hewan pembunuh.

serangga penghisap darah
Sumber gambar : Wikimedia Commons


Gejala yang lebih parah meliputi pembengkakan pada kelopak mata, masalah pencernaan, sakit perut, dan gagal jantung, yang mana itu akan berakhir dengan kematian.

serangga penghisap darah
Sumber gambar : Wikimedia Commons


Jadi, jika kalian menyadari baru saja digigit oleh serangga penghisap darah ini, saran saya segeralah periksakan ke dokter dan konsultasikan apa yang harus kalian lakukan SEKALIPUN TIDAK ADA GEJALA, sebelum semua terlambat. Sebab pada saat itu, kalian benar-benar berada pada titik antara hidup dan mati.

No comments:

Post a Comment

Artikel Paling Dicari

Didukung Oleh: