Latest News

Wednesday, June 7, 2017

Pria Kristen Ini Selalu Bangunkan Orang Muslim Untuk Sahur Selama 14 Tahun

Kutu Kupred - Makan sahur sudah menjadi salah satu aktifitas yang selalu dilakukan oleh semua orang Muslim yang menjalankan ibadah puasa. Ketika bulan puasa, kita biasanya banyak melihat ada beberapa orang yang berkeliling di sekitar rumah untuk membangunkan orang-orang yang masih belum bangun untuk melaksanakan sahur agar mereka tidak terlambat.

puasa ramadhan, sahur
puasa ramadhan, sahur, poto: al Arabiya

Di Indonesia, aktifitas membangunkan sahur ini biasa disebut dengan ronda. Sebab selain bertujuan untuk membangunkan orang untuk santap sahur, ronda juga dilakukan sekaligus untuk memeriksa keamanan. Nah, di negara Arab, orang-orang yang dengan sukarela membangunkan warganya untuk makan sahur ini disebut sebagai Mesaharaty.

Sedangkan kali ini ada kisah unik tentang perjalanan hidup seorang sukarelawan yang ada di kota Akka - Maroko. Sedangkan satu diantara sukarelawan tersebut ternyata ada yang beragama kristen.

Nama sukarelawan kristen tersebut adalah Michael Ayoub, dia mengatakan sudah 14 tahun ini melakukan tugasnya untuk membangunkan warga pada saat dini hari untuk makan sahur. Tugas tersebut dijalankan Michael Ayoub di setiap bulan puasa dengan mengelilingi kota sambil menabung genderang untuk membangunkan umat Muslim yang hendak menjalankan ibadah puasa.

Michael Ayoub juga mengenang masa kecilnya dulu, ketika itu banyak sekali orang yang menjadi Mesarahaty yang menjadikan bulan Ramadhan terlihat sangat damai sekali dan selalu meriah. Hal itu sangat jauh berbeda dengan sekarang dimana semakin sedikit orang yang menjadi Mesarahaty (sukarelawan), bahkan Michael Ayoub mengaku dirinya seringkali berjalan sendirian untuk membangunkan orang-orang Muslim. (baca juga: Berhijab, gadis Korea ini bikin orang "klepek-klepek")

Michael Ayoub setiap malam selalu bangun pukul 01.00 dini hari pada bulan Ramadhan, lantas dirinya berkeliling hingga jam 04.00 dini hari.Michael Ayoub juga bercerita orang-orang yang dibangunkannya selalu keluar rumah untuk mendo'akannya, bahkan tak jarang dia juga diajak untuk makan bersama.

Banyak cara yang dilakukan oleh Mesarahaty untuk membangunkan warga Muslim di Arab dan tradisi itu sudah berjalan selama berabad-abad hingga sekarang masih berjalan walaupun sangat sedikit sekali jumlahnya sebab seiring kemajuan jaman dan kperkembangan teknologi tradisi tersebut hampir menjadi sebuah cerita rakyat. (www.kutukupred.com)

No comments:

Post a Comment

Artikel Paling Dicari

Didukung Oleh: