Latest News

Thursday, December 14, 2017

Dimana Kota Tertua Di Dunia Itu? Jawabannya Ada Di Indonesia

Kutukupred - Di mata dunia, negara indonesia ini terkenal dengan negara yang kaya akan berbagai hal. Tak sumber daya alamnya dan juga keindahan alam yang begitu mempesona , namun kalian pasti tidak akan pernah menyangka bahwa indonesia juga menyimpan sejarah unik di dunia ini, yang mana sejarha-sejarah tersebut tidak akan pernah ada habisnya untuk dijelajahi.

Sebagai bangasa indonesia, kita seharusnya bangga. Sebab indonesia ini diklaim sebagai negara yang memiliki karang terbesar ketiga di dunia, dan bahkan negara indonesia mempunyai satu kota yang ternyata dianggap sebagai salah satu kota tertua di dunia.

Palembang, kota tertua di dunia
Palembang, kota tertua di dunia

Kota manakah itu? Jawabannya adalah kota palembang yang sekarang ini berperan sebagai ibu kota Sumatera Selatan. Kota Palembang juga termasuk kota terbesar kedua di Sumatera setalah Medan, ternyata juga dianggap sebagai kota tertua di dunia. Hal itu menurut berita yang sudah diliput oleh Otonomi.id.

Di halaman tersebut, telah menyebutkan bahwa kota Palembang menjadi salah satu kota dari 10 kota tertua yang ada di dunia ini. Tidak heran memang, sebab kota Palembang ini ternyata dulunya adalah ibu kota bahari terbesar di Asia Tenggara dan Sriwijaya dan tetap bertahan hingga sekarang.

Tepatnya pad aabad ke - 9, kerajaan Sriwijaya memang mendominasi Nusantara serta semenanjung Malaya. Saking  besarnya kekuasaan tersebut, hingga disebut sebagai Bumi Sriwijaya. Tidak cukup sampai disitu saja, kota Palembang ini dulu juga menjadi pusat perdagangan china dan India. Bahkan kota Palembang juga menjadi tempat berlabuhnya para pedagang dari Jepang, India, Arab dan Melayu. Hebatnya lagi kota Palembang menjadi pintu gerbang penyebaran agama Islam.

Sedangkan sebutan kota tertua di dunia ini alasannya adalah karena di kota tersebut telah terdapat sebah prasasti Kedukan Bukit yang terdapat di sebuah bukit Siguntang, prasasti tersebut menyatakan dibentuknya sebuah wanua sebagai kota pada tanggal 16 Juni 688 Masehi. Oleh sebab itulah  kota ini termasuk salah satu kota tertua di dunia. (www.kuukupred.com)

No comments:

Post a Comment

Artikel Paling Dicari

Didukung Oleh: